Kamis, 18 Februari 2010

Membangun Studio Rekaman

 Membuat studio rekaman tidak harus menggunakan teknologi rekaman yang mahal. Ada tip trik membuat studio rekaman sederhana dengan kualitas rekaman tidak kalah dengan studio recording berteknologi canggih.

Berikut sedikit informasi tentang membangun sebuah studio recording yang sederhana dengan biaya relatif lebih murah namun menghasilkan kualitas rekaman yang sama dengan studio musik rekaman dengan teknologi yang canggih saat ini.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membangun studio musik rekaman antara lain :

  * 1 Unit Komputer dengan spesifikasi :
  - Pentium III atau IV atau Sekelasnya
  - Memory Minimal 256 MB
  - Harddisk 40 GB 7200 RPM
  - CDRW (untuk copy master lagu atau MP3 ke CD)
  - Software Digital Multitrack (Cool Edit Pro 2.0, Cakewalk, atau lainnya)

  * 2 (dua) buah sound card full duplex
  Sound card ini berfungsi pengganti converter (MOTU,AARK,EW88MT) yang harganya begitu mahal. Kita menggunakan 2 sound card dengan maksud nantinya kita dapat bekerja lebih efisien, karena dengan adanya 2 sound card kita dapat langsung merekam “take” 2 instrumen dalam waktu bersamaan pada track yang berbeda di software digital multitracks (cool edit pro)

  * 1 Unit Mixer
  Mixer yang saya gunakan adalah mixer digital buatan Behringer dengan seri UB1832FX-PRO, dimana mixer behringer ini mempunyai banyak fasilitas. Fasilitas mixer Behringer UB1832FX-PRO adalah Ultra low noise, mic pre-amp, 24-bit digital stereo FX processor with 99 presets including reverb, delay, chorus, compressor, tube distortion, vinylizer and more plus 1 kHz test tone, Breathtaking 3D stereo surround effect for more vitality and enhanced stereo image, Effective, extremely musical 3-band EQ with semi-parametric mid band plus switchable low-cut filter on, 6 new state-of-the-art, studio-grade IMP “Invisible”, dan lain-lain.

  * Mic Drums
  Bisa memilih mic drum merek YOGA karena dari segi harga relatif murah dibandingkan yang lainnya, dengan kualitas tidak kalah dengan merk lainnya. Kalau ingin pengiritan lagi pake condensor mic dan dapat dibeli di toko-toko electronic terdekat, tapi untuk kualitasnya kurang baik dan dapat di perbaiki nantinya di software digital multi track atau di software soundforge.

  * Tape
  Berfungsi sebagai monitor sound engineer dan guide player.

  * Kabel dan jack
  Pemilihan kabel usahakan yang baik, karena kualitas rekaman sangat ditentukan disini. Anda dapat membeli kabel atau jack di toko-toko musik atau electronik di kota Anda.

  * Headphone
  Digunakan untuk player di studio khususnya yang sedang rekaman atau buat sound engineernya.

  * Lain-lain
  Anda bisa menambahkan sesuai kebutuhan

Itulah sedikit informasi tentang studio music rekaman. Anda juga bisa memiliki studio band kecil-kecilan dengan kualitas yang tidak kalah dengan studio band / studio music lainnya. Semoga bermanfaat !!!

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda