Rabu, 17 Februari 2010

Prospek Bisnis Menyamping sebuah Realita usaha

Oleh Muhammad Yusuf

prospek bisnis menyampingKalau membaca judulnya aneh ya ?. Saya sendiri kebingungan menentukan judul yang pas. Tetapi setelah membaca tulisan di bawah ini baru anda dapat memahaminya…

Seringkali jika kita hendak mencari ide untuk membuka usaha baru kemudian kita bercerita kepada seorang teman, seringkali teman tsb bertanya: bisnisnya kira kira prospek kedepannya bagaimana ? Kira kira prospek bisnis kedepannya untuk 5 s/d 10 tahun masih eksis nggak ?

Nah, sering nggak anda ditanya oleh sahabat anda dengan pertanyaan seperti itu ?

Yang namanya usaha, seringkali prospek menyamping lebih sukses dari bisnis utama. Berikut ini adalah penjelasannya :

Alkisah, ada seorang pengangguran yang lagi kebingungan mencari kerja. Setelah kesana kemari ditolak kerja, akhirnya dia memutuskan untuk membuat pot bunga dari bahan tanah liat kemudian menjajakan keliling kampung.

Dari hasil penjualannya sangatlah tidak menentu, kadang sehari laku 10 pot, kadang hanya 2 pot. Nah, selama menjual pot ini seringkali pembeli menanyakan apakah nggak sekalian menjual tanah dan tanamannya ?

Dari situlah akhirnya dia mendapat ide untuk membuka usaha penjualan beraneka tanaman hias, pot bunga, tanah dan pupuk yang usahanya di buka di pinggir jalan besar. Dan penjualan tanaman hiasnya pun lama kelamaan sukses dan lancar.

Nah pertanyaanya ? Apakah berjualan pot bunga keliling yang dijalaninya ada prospek kedepan ? Jawabannya adalah: TIDAK !. Justru prospek menyampingnya yang sukses !

Ada lagi seorang petani tanaman sayur mayur yang telah berjalan 15 tahun dan hasilnya tidak mencukupi untuk biaya hidup sehari hari, akhirnya mendapat ide untuk membuka toko peralatan pertanian, bibit tanaman dan pestisida. Dan Tokonya pun memiliki pelanggan tetap yang banyak.

Itulah prospek menyamping dan bukan prospek kedepan….

Oleh karena itu dalam memulai usaha janganlah terlalu keukeuh alias ngotot mempertanyakan prospek bisnis kedepan. Jalani saja…., siapa tahu ada prospek bisnis menyamping yang tidak anda duga sebelumnya…

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda